Anggota DPRD Gumas ingatkan pengerjaan proyek jalan harus selesai tepat waktu

Kuala Kurun ExposKalteng.com Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Yuniwa mengingatkan sekaligus meminta proyek peningkatan jalan kabupaten, terkhusus ruas jalan Sepang Simin menuju Kuala Kurun, tepatnya di Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya, dapat diselesaikan tepat waktu.

“Saya baru saja melaksanakan reses perorangan di Tumbang Empas. Di sana saya sekaligus meninjau peningkatan jalan kabupaten yang sedang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Mas,” ¬†ucapnya di Kuala Kurun, Jumat.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebut, warga sekitar telah lama mendambakan jalan kabupaten tersebut dibenahi, mengingat kondisi jalan belum beraspal dan cukup memprihatinkan jika musim hujan.

Warga juga telah menyampaikan usulan peningkatan ruas jalan di wilayah sekitar, saat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas melakukan reses per kelompok beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, dia mengapresiasi pemerintah yang telah merespon usulan warga terkait pembenahan ruas jalan Sepang Simin-Kuala Kurun, walau pembenahan ruas jalan hanya dilakukan di beberapa titik khususnya di Tumbang Empas.

“Pembenahan dan peningkatan hanya dilakukan di beberapa titik, karena keterbatasan anggaran. Namun pembenahan dan peningkatan dilakukan di daerah yang terdapat perumahan warga atau fasilitas umum,” paparnya.

Dia menjelaskan, fasilitas umum yang dimaksud di sini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mihing Raya. SMA tersebut terletak di ruas jalan kabupaten di wilayah Tumbang Empas.

Walau terletak di Tumbang Empas, sambung dia, SMAN 1 Mihing Raya tidak hanya menampung peserta didik dari desa tersebut, melainkan juga peserta didik dari desa-desa sekitar.

Kondisi ruas jalan yang memadai tentunya akan mendukung para peserta didik dan juga guru di SMAN 1 Mihing Raya, karena selama ini mereka kesulitan jika melakukan perjalanan ke sekolah, khususnya saat musim hujan.

“Saya harap nantinya peserta didik dan guru di SMAN 1 Mihing Raya akan semakin semangat belajar, jika jalan sudah selesai dibenahi oleh DPU Gunung Mas,” kata Yuniwa.

Terpisah, Kepala DPU Gunung Mas Baryen melalui Kepala Bidang Bina Marga Bambang Jaya mengatakan, peningkatan ruas jalan kabupaten Sepang Simin menuju Kuala Kurun, tepatnya segmen Sepang Simin-Tumbang Empas, ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan, dengan pagu sekitar Rp8,5 miliar dan nilai kontrak sekitar Rp8,2 miliar. Sedangkan panjang segmen Sepang Simin menuju Tumbang Empas mencapai belasan kilometer.

“Melihat ketersediaan anggaran dan panjang segmen jalan Sepang Simin-Tumbang Empas, maka yang ditangani hanya di titik-titik tertentu, difokuskan di daerah yang ada penduduknya,” demikian Bambang.
(ant/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button