Anggota DPRD Palangka Raya Masyarakat Kota Cantik Diminta Jaga Fungsi Drainase

Palangka Raya ExposKalteng.com Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra meminta kepada masyarakat Kota Cantik untuk menjaga fungsi drainase, karena apabila drainase tersumbat akan mengakibatkan genangan air jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Beberapa akhir ini ketika hujan turun dengan lebat, banyak wilayah di sini yang selalu tergenang air. Banyak juga drainase yang tertutup dan tersumbat. Saya ada melihat beberapa bangunan dan toko yang berada di tepi jalan, yang tidak memperhatikan bangunannya hingga menutup drainase sehingga ketika hujan terjadilah genangan bahkan banjir,” katanya 6 Agustus 2022.

Anggota Komisi B ini menjelaskan bahwa, keberadaan drainase ini sangat menentukan sebagai pengalir air, apabila fungsi drainase tidak bekerja secara maksimal maka juga akan mempengaruhi bangunan bangunan lainya, apabila terjadi banjir.

“Drainase kan bangunan pelengkap pada ruas jalan berfungsi untuk mengalirkan air, sehingga badan jalan tetap kering. Jalan yang tergenang air dapat berpengaruh pada kekuatan lapis pondasi jalan karena akan meningkatkan kadar air, yang akan melemahkan perkerasan jalan secara keseluruhan. Akibatnya jalan menjadi rapuh dan mudah rusak,” beber Jhony.

Lanjutnya berharap, kepada masyarakat setempat untuk mendukung dan merawat keberadaan drainase sebagai tempat penyaluran air yang semestinya, dengan cara menjaga kebersihan drainase dengan tidak membuang sampah ataupun limbah ke dalamnya.

“Jika memungkinkan, pemerintah bisa mengkaji kembali izin mendirikan bangunan (IMB) milik masyarakat apakah sudah sesuai dengan perizinan awal atau ada perubahan. Kalau ada yang belum memiliki IMB, bisa diarahkan untuk mengurusnya. Jangan sampai adanya perubahan dan pembangunan, justru memperburuk penataan kawasan jalan dan drainase yang bisa merugikan banyak pihak,” pungkasnya.
(MK/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button