Gubernur harapkan pengembangan shrimp estate Kalteng didukung pemerintah pusat

Palangka Raya ExposKalteng.com Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengharapkan pengembangan shrimp estate atau tambak udang vaname di provinsi setempat mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

“Harapan saya kedepan pemerintah pusat mendukung pendanaan pengembangan udang vaname di Kalteng,” katanya di Sukamara, Jumat.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau tambak udang vaname di Sungai Damar Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara.

Pengembangan shrimp estate ini adalah terobosan yang diupayakan gubernur beserta jajarannya untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19, sekaligus memacu perkembangan ekonomi daerah setempat.

“Kita melihat hasil dari pengembangan udang vaname di sini sangat menjanjikan,” jelas Sugianto.

Pihaknya bersama para pemangku kepentingan terkait lainnya, mulai dari Himpunan Bank-Bank Milik Negara atau Himbara, BI, Otoritas Jasa Keuangan, termasuk Bank Kalteng akan mendorong pembangunan shrimp estate tersebut.

“Pengembangan shrimp estate ini akan kami optimalkan. Ini akan menjadi komoditi baru di Kalteng,” tuturnya.

Pihaknya menyampaikan, budidaya udang vaname di Kalteng memiliki prospek yang sangat bagus, mengingat budidaya tersebut bisa dilakukan secara intensif dengan kepadatan tebar tinggi.

Selain itu untuk pemasaran udang secara umum tidak mengalami kendala, dikarenakan udang merupakan produk ekspor dan domestik.

Dalam beberapa waktu terakhir pemprov terus memacu pengembangan berbagai sektor strategis dan potensial pada masing-masing daerah di Kalteng untuk dikembangkan. Agar perekonomian bisa semakin meningkat dan bermuara para kesejahteraan masyarakat.

Adapun dalam kunjungan tersebut turut hadir Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, sejumlah kepala perangkat daerah, serta pemerintah kabupaten setempat.
(ant/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button