Halikinnor Bupati Kotim berharap pengembangan transportasi laut dan udara terwujud

Sampit ExposKalteng.com  Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor berharap pengembangan transportasi laut dan udara di daerah ini bisa segera terwujud karena sangat penting untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah.

“Transportasi merupakan jantung dari mobilisasi masyarakat yaitu barang dan orang. Makanya harapan kita semakin lama, semakin baik dan semakin terjamin keselamatannya,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin.

Harapan itu disampaikannya usai memimpin apel peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 di halaman kantor bupati. Kegiatan dengan tema Menuju Transportasi Maju ini diikuti semua insan perhubungan yang ada di daerah ini.

Halikinnor menjelaskan, Kotawaringin Timur memiliki kelebihan karena lokasinya yang strategis. Perekonomian di daerah ini juga tumbuh positif karena ditunjang sarana memadai, khususnya keberadaan Pelabuhan Sampit dan Bandara Haji Asan Sampit.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap bandar udara Haji Asan Sampit pada 2024 nanti bisa didarati pesawat berbadan lebar supaya transportasi udara lebih lancar.

Perluasan run way atau landasan pacu bandara masih menunggu kucuran dana dari pemerintah pusat. Usulan itu diharapkan segera terealisasi karena pemerintah daerah sudah menyampaikan secara langsung kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan Menteri Perhubungan.

“Kita pemerintah daerah telah berkontribusi dengan menyiapkan lahan atau tanahnya. Dan itu sudah selesai. Mudah-mudahan nanti pada 2024 keinginan kita terkait perpanjangan dan pelebaran run way Haji Asan Sampit bisa terwujud,” harap Halikinnor.

Sementara itu terkait transportasi laut, Halikinnor berharap terkait rencana dengan pihak ketiga untuk membuat tol sungai bisa terwujud. Harapannya, kapal-kapal besar bisa masuk dan bersandar di Pelabuhan Sampit sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian daerah.

“Saya berterima kasih karena selama ini dari insan perhubungan, terutama pihak bandara, KSOP dan lainnya terjalin komunikasi, kolaborasi dan kerja sama yang baik. Mudah-mudahan ke depan bisa ditingkatkan lagi sehingga transportasi di Kabupaten Kotawaringin Timur ini semakin meningkat dan semakin bagus.
(ant/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button