Persiapan KPU Jelang Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Barito Selatan

Buntok ExposKalteng.com Kabupaten Barito Selatan tengah melakukan persiapan menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Dalam wawancara eksklusif dengan Ibu Roslina, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan, diungkapkan sejumlah tahapan persiapan yang telah dilakukan, Selasa (28/05/2024).

Tahapan pertama yang telah selesai dilaksanakan adalah penerimaan Ad hoc untuk Badan Pengawas KPU (BPK) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS).

“Kabupaten Barito Selatan saat ini sedang melaksanakan tahapan persiapan, yang pertama adalah penerimaan Ad hoc ini kami sudah selesai penerimaan BPK dan pelantikan BPK dan selesai juga penerimaan PPS dan pelantikan PPS.” Ucap Roslina

Saat ini, lanjut Roslina, proses sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS sedang berjalan, sementara penerimaan badan Ad Hoc Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) direncanakan akan dilakukan bulan depan.

“Dalam pendaftaran calon gubernur perseorangan, tidak ada satu pun pendaftar di Kabupaten Barito Selatan. Oleh karena itu, fokus saat ini adalah persiapan peluncuran Pilkada Kabupaten Barito Selatan untuk calon bupati dan wakil bupati. Peluncuran ini direncanakan akan dilaksanakan besok, tanggal 29 Mei 2024, pukul 16:00 WIB. Acara ini akan digelar pada malam hari, setelah waktu Isya’.” Terang Roslina.

*#KPU Barsel Berbagi Kupon dan Kaos untuk Pendaftar Pertama*

Dalam beberapa hari ini banyak masyarakat ramai-ramai datang ke kantor KPU itu dalam rangka persiapan Pilkada, KPU Barito Selatan telah mengadakan acara dan untuk Pendaftar pertama akan mendapatkan Kupon dan Kaos, setelah mendaftar jadi pemilih tetap, hal itu di ungkapkan Roslina dalam wawancara ekslusif dengan Exposkalteng.com

“Selama beberapa hari terakhir, banyak masyarakat yang datang ke kantor KPU Kabupaten Barito Selatan dalam rangka persiapan Pilkada. Mereka mendapatkan kupon dan kaos, namun untuk kaos terbatas, hanya 500 lembar kaos yang tersedia untuk pendaftar pertama” ucap Roslina.

Sementara itu, pendaftaran pemilih masih terus berlangsung selama persediaan masih ada. Syaratnya adalah datang dan mendaftar dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang akan digunakan untuk memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dengan demikian, KPU dapat melakukan dua tugas sekaligus, lanjut jelasnya.

*#KPU : Belum ada Calon Bupati dan wakil Bupati yang mendaftar di Barsel*

Hingga saat ini, belum ada calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar di KPU Kabupaten Barito Selatan. Penerimaan calon dari partai politik akan dimulai pada bulan Agustus mendatang. Meskipun mungkin sudah ada pembahasan di tingkat partai politik, namun secara resmi belum ada calon yang mendaftar di KPU. Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024, jatuh pada hari Rabu.

“Dengan demikian, tahapan persiapan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Barito Selatan terus berjalan. Masyarakat diharapkan untuk aktif dalam mendukung proses demokrasi ini dengan turut serta dalam pendaftaran sebagai pemilih. Kabupaten Barito Selatan siap menyambut masa depan yang lebih baik melalui pemilihan kepala daerah yang demokratis dan berkualitas”Pungkasnya.

Pelaporan oleh : H. Assjian; penyuntingan oleh : Riyon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button