Sekwan Jadwalkan Pelantikan Anggota DPRD Barito Utara Terpilih periode 2024-2029

EXPOSKALTENG, Muara Teweh – Pemilihan legislatif secara serentak pada tanggal 14 Pebruari 2024 kemarin telah usai dilaksanakan. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara (KPU Barut) telah mengeluarkan Keputusan Nomor 333 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilu anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Jumat (1/3/2024) pekan kemarin.

Terkait dengan keputusan tersebut, Sekretaris DPRD Kabupaten Barito Utara, Edwin Tuah mengatakan pihaknya nanti akan menjadwalkan pelantikan anggota DPRD terpilih priode 2024-2029.

“Direncanakan pelantikan anggota DPRD Kabupaten Barito Utara terpilih pada pemilu 2024 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2024. Sebelum pelantikan nama anggota terpilih akan diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Gubernur Sugianto Sabran,” kata Sekwan Edwin Tuah saat ditemui pada acara Musrenbang RKPD di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin (4/3/2024).

Saat ditanya kenapa pada 18 Agustus 2024, dikatakan Edwin Tuah, hal itu dilakukan agar tidak ada kekosongan anggota DPRD, setelah anggota DPRD sebelumnya masa jabatannya habis pada 17 Agustus 2024.

“Dalam kegiatan itu nantinya dilaksanakan rapat peresmian pemberhentian anggota DPRD masa bakti 2019-2024 dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2024-2029,” kata dia.

Sementara itu KPU Kabupaten Barito Utara telah mengeluarkan Keputusan Nomor 333 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilu anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, pada Jumat (1/3/2024) pekan lalu.

Berdasarkan berita acara dan salinan sertifikat rekapitulasi pleno penghitungan suara yang diterima, empat pendatang baru di Dapil Barito Utara 1 (Kecamatan Teweh Tengah) menjadi caleg terpilih.

Empat pendatang baru bakal penghuni kursi legislatif wakil Dapil I Barito Utara (Teweh tengah) adalah H Purman Jaya atau H Gogo (PKB), H Taufik Nugraha (PDI Perjuangan), Gun Sriwitanto (PPP), dan Patih Herman AB (Demokrat). Sedangkan lima petahana yang mampu mempertahankan kursinya, yakni Hj Mery Rukaini (Demokrat), H Tajeri (Gerindra), H Parmana Setiawan (PKB), Rosi Wahyuni (Hanura), dan Drs Asran (Golkar).

Sedangkan untuk Dapil Barito Utara II (Lahei dan Lahei Barat, Teweh Timur dan Gunung Purei), Jiham Nur (Demokrat-pendatang baru), Jamilah (PKS-petahana), Hasrat (PAN-petahana), Al Hadi (PKB-pendatang baru), Frans Aji (Nasdem-petahana) dan Heny Rosgiaty Rusli (PDIP-petahana.

Untuk Dapil III Barito Utara (Gunung Timang dan Montallat) yaitu Rujana Anggraini (Demokrat-petahana), Wardatun Nurjamilah (PPP-petahana ), Hendra (PKB-petahana) dan Naruk Saritani (PDI P-pendatang baru).

Sementara untuk Dapil IV Barito Utara (Teweh Selatan dan Teweh Baru) yaitu Ardianto (Demokrat-pendatang baru), Sastra Jaya (PDIP-petahana), Hj Nety Herawaty (Nasdem-petahana), Hj Sri Neni Trianawati (Golkar-pendatang baru), Bina Husada (PAN-pendatang baru) dan H Beni Siswanto (PKB-petahana).         (Lie/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button